Senin, 25 Februari 2013

Pengelolaan Hama dan Penyakit

PERTEMUAN II.

Pengendalian adalah proses pengambilan keputusan untuk mengendalikan pest melalui cara yang terencana dan merupakan bagian dari pengelolaan. Atau pengertian pengendalian lainnya adalah menghilangkan pest jika pest sudah merugikan secara ekonomis.

Pemberantasan adalah meniadakan sama sekali pest sehingga keberadaannya tidak ada atau musnah.

Pengelolaan adalah tidak hanya ditujukan pada pest tapi juga ditujukan kepada penyebab timbulnya pest tersebut. Contohnya segitiga penyakit, segi empat penyakit atau Pest Square dan segi lima penyakit atau Pest Pyramide.

Segitiga Penyakit yaitu  jika lingkungan mendukung tmbuhnya pest maka keberadaan pest akan merugikan tumbuhan.

Segiempat penyakit yaitu dimana manusia juga berperan mencegah timbulnya mendukung lingkungan untuk perkembangan patogen atau bahkan malah sebalik manusia secara tak sadar mendukung lingkungan untuk berkembangnya patogen. Akibatnya tertuju pada tumbuhan yang hidup pada lingkungan tersebut.

Segilima penyakit yaitu dengan pertambahan faktor waktu. Waktu berpengaruh pada lingkungan tumbuhan sebagai tempat tumbuh patogen. Waktu yang dimanfaatkan oleh manusia contohnya dengan memperhitungkan waktu tanam yang tepat sehingga menghindari patogen jamur saat musim penghujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar